6 Februari 2006

MENYEDERHANAKAN CHARACTER DENGAN PRIMITIVE OBJECT

Sejauh ini kelas kita berjalan dengan baik. Kemarin kami semua sempat berdiskusi keinginan para peserta mengenai apa yang akan mereka buat seandainya menguasai software 3D. Bisa dikatakan sebagian besar anggota menjawab ini membuat “character”. Character yang ingin dibuat bervariasi dari wanita cantik, monster, hingga character cartoon yang lucu2x. Hanya ada 2-3 peserta yang menjawab object arsitektur atau FX. Karena sebagian menjawab character maka gw memutuskan sebagian besar dari kita bisa melanjutkan utk mencapai hasil tersebut.

Saat ini semua tugas berhubungan dengan Drawing character. Pada akhirnya tujuan dari semua tugas2x yang diberikan adalah : MEMBERIKAN KESEMPATAN BAGI PESERTA UTK MENDESAIN CHARACTER yang ingin dibuatnya dalam bentuk 3D.

Utk mampu mendesain character di perlukan beberapa tahap:
  1. Mulai belajar menggambar dengan menggunakan object yang sebelumnya sudah ada (misalnya dari photo seperti yang kita lakukan sekarang)
  2. Menambah vocabulary perbendaraan visual dengan menggambar object lain yang berkaitan dengan sebuah character, misalnya menggambar pakaian, armor, accessories, pedang, perisai atau senjata lainnya
  3. Utk membuat monster diperlukan vocabulary yang dikembangkan dari menggambar binatang dan mengkombinasikannya menjadi character yang baru. Misalnya mengkombinasikan manusia dengan kuda utk membuat centaur, atau mengkombinasikan kepala binatang dengan badan manusia.
  4. Pengetahuan anatomy utk membuat character desain yang unik namun realistik dan masuk akal. Jadi kita akan mampu membuat character apapun yang kita mau namun tidak menyimpang dari makhluk hidup yang sudah ada. Pengetahuan anatomy memungkinkan kita mengerti “mechanics” atau cara bekerja dari tubuh manusia atau binatang.

Untuk membuat desain character maka diperlukan design paks yang terdiri atas:
  1. Gambar dari berbagai sisi : Depan, belakang, samping yang semua gambarnya harus sejajar dan sama skalanya. Posisi yang dibuat biasanya berupa T-pose atau juga dikenal sebagai Da vinci Pose (berdasarkan gambar vitruvian man yang dibuat oleh leonardo da vinci)
  2. Gambar2x detail terutama utk bagian wajah. Biasanya dibuat berbagai sketsa yang menunjukkan wajah dari berbagai sudut pandang (head turn) dan juga termasuk expresi wajahnya (Facial expression)
  3. Action pose : beberapa pose gambar character bersangkutan melakukan beberapa posisi tubuh. Untuk mempermudah pemahaman mengenai gerakan yang mungkin dilakukan oleh character bersangkutan.
Tugas kali ini adalah pengembangan dari tugas sebelumnya, yaitu menggambar object primitive. Kali ini yang akan kita lakukan adalah membuat penyederhanaan sebuah character dengan menggunakan primitive object seperti silinder, bola atau bentuk sederhana lainnya.

Contoh gambar penyederhanaan character bisa dilihat di bawah ini.


























Setelah melihat gambar di atas, silakan check photo berikut dan lakukan penyederhanaan bentuk menjadi object primitive lengkap dengan shading atau arsiran pensilnya. Photo sudah dirubah jadi hitam putih utk mempermudah shading.

Seperti biasa, utk sementara lupakan bagian wajah dari character bersangkutan.













Hasil karya akan didiskusikan, kamis 9 Februari 2006
jangan lupa utk selalu men-set status anda menjadi AVAILABLE agar bisa diinvite pada saat bersangkutan.

0 comments: